Silabus ini merupakan acuan bagi guru dalam melakukan pembelajaran agar siswa mampu
bertumbuh dalam iman dan mewujudkan imannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai
pribadi, anggota gereja dan warga negara yang cinta bangsa dan tanah air. Dalam rangka
mewujudkan iman Kristen dalam perbuatan hidup sehari-hari maka peserta melakukan
aktivitas belajar yang kreatif dan inovatif dengan dipandu oleh guru. Melalui proses
tersebut, siswa mengalami transformasi kehidupan.
Pada hakikatnya pengembangan Kurikulum 2013 adalah upaya yang dilakukan melalui
salah satu elemen pendidikan, yaitu kurikulum untuk memperbaiki kualitas hidup dan
kondisi sosial bangsa Indonesia secara lebih luas. Jadi, pengembangan kurikulum 2013
tidak hanya berkaitan dengan persoalan kualitas pendidikan saja, melainkan kualitas
kehidupan bangsa Indonesia secara umum.
Di bidang Pendidikan Agama Kristen (PAK), perubahan ini sejalan dengan arah
perubahan Pendidikan Agama Kristen yang bersifat dogmatis indoktrinatif menjadi
Pendidikan Agama Kristen yang membebaskan siswa untuk mengembangkan kreativitas
berpikir, kemerdekaan dalam bersikap dan bertindak sesuai dengan isi ajaran iman
kristiani.Dengan demikian, mengasah kecerdasan siswa, antara lain dalam memperteguh
iman kepada Tuhan Allah, mempunyai kedamaian batin, memiliki budi pekerti luhur,
menghormati serta menghargai semua manusia dengan segala persamaan dan
perbedaannya termasuk sikap setuju untuk tidak setuju.
Perubahan mencolok yang terjadi dalam isi kurikulum Pendidikan Agama Kristen adalah
isi kurikulum yang bersifat holistik dari KI-1 sampai dengan KI-4 dimana membentuk
siswa sebagai manusia utuh yang tidak terpilah-pilah dalam tiap ranah (kognitif, sikap dan
ketrampilan). Perubahan lainnya adalah isi kurikulum dan pembelajaran yang bersifat
dogmatis indoktrinatif berubah menjadi “life center” dan membebaskan atau
memerdekakan siswa untuk mengembangkan kemerdekaan berpikir serta bereksplorasi.
Pada kurikulum ini rumusan KI-1 dan KI-2 membentuk siswa secara utuh sebagai
manusia terdidik bukan hanya dari segi pengetahuan namun nampak melalui sikap
terhadap sesama dan Tuhan.
Perubahan tersebut dipandang dapat membantu siswa menghadapi berbagai persoalan dan
tantangan hidup masa kini sebagaimana tercantum di bawah ini:
a. Globalisasi yang menawarkan dimensi baru pengetahuan dan otoritas yang kemudian
turut mempengaruhi pola pikir dan gaya hidup anak dan remaja. Hal itu nampak
dalam bentuk konsumerisme, materialisme, dan hedonisme dan cara berpikir instan
yang kian mengemuka dalam kehidupan keseharian.
b. Pergeseran pemahaman dan penerapan nilai-nilai dan moral kehidupan, antara lain
semakin menipisnya kejujuran, semakin maraknya penyalahgunaan kekuasaan,
melemahnya penghargaan terhadap sesama, dll.
c. Perubahan pemahaman dan sikap seksualitas: pelecehan seksual, ketidakadilan
jender, seksisme, komodifikasi seks dan tubuh, dll.
d. Penyimpangan perilaku sosial di dalam masyarakat dan sekolah seperti diwarnai oleh
antara lain : tawuran remaja, pertikaian antara kelompok yang berakhir dengan
kekerasan, tayangan media yang mengeksploitasi kekerasan.
e. Meningkatnya fanatisme dan radikalisme agama, golongan dan kelompok yang
berwawasan sempit.
f. Pemanfaatan media sosial dan alat-alat teknologi komunikasi dan informasi yang
tidak benar/menyimpang.
Berbagai permasalahan yang disebutkan di atas turut mempengaruhi Berbagai permasalahan yang disebutkan di atas turut mempengaruhi kehidupan anak dan
remaja. Oleh karena itu, penyusunan Kurikulum Pendidikan Agama Kristen sedapat
mungkin mampu menolong siswa untuk bersikap sebagai manusia makluk mulia ciptaan
Allah yang:
- Tidak bersikap fanatik sempit, sebaliknya membangun solidaritas dan toleransi dalam pergaulan sehari-hari serta menjauhi kekerasan dan radikalisme;
- Tidak bersikap konsumtif, materialistik, dan hedonistik
- Memiliki kesadaran dan proaktif dalam turut serta mewujudkan keadilan, kebenaran, demokrasi, HAM dan perdamaian;
- Memiliki kesadaran untuk turut serta memelihara serta menjaga kelestarian alam;
- Memiliki kesadaran akan keadilan gender serta mewujudkannya dalam kehidupan;
- Memiliki kesadaran dalam mengembangkan kreativitas dalam berpikir dan bertindak;
- Mampu menggunakan media sosial secara benar demikian pula pemanfaatan alat-alat teknologi komunikasi dan informasi.
- Tidak kehilangan ciri khas sebagai anak-anak dan remaja Kristen Indonesia ketika diperhadapkan dengan berbagai tawaran nilai-nilai kehidupan. Ciri khas sebagai bangsa Indonesia yang cinta tanah air dan bangsa dapat terus ditumbuh kembangkan melalui pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi pekerti.
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti bukan sekadar proses menyampaikan pesan
moral apalagi hanya sekadar mengetahui tata cara hubungan antara manusia dengan
Tuhan, melainkan menyajikan isi kurikulum yang transformatif dan terinternalisasi dalam
diri siswa. Artinya, isi kurikulum Pendidikan Agama Kristen dapat mengubah serta
membarui cara pandang dan sikap siswa serta mengarahkan siswa untuk memahami
panggilan Tuhan untuk menjadi berkat bagi sesama dan dunia.
Fungsi Pendidikan Agama Kristen
Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007 tentang pendidikan agama dan
pendidikan keagamaan, disebutkan bahwa: pendidikan agama berfungsi membentuk
manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta
berakhlak mulia dan mampu menjaga kedamaian dan kerukunan hubungan inter dan antar
umat beragama (Pasal 2 ayat 1). Selanjutnya disebutkan bahwa pendidikan agama
bertujuan mengembangkan kemampuan siswa dalam memahami, menghayati, dan
mengamalkan nilai-nilai agama yang menyerasikan penguasaannya dalam ilmu
pengetahuan, teknologi dan seni (Pasal 2 ayat 2).
Mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen berfungsi untuk:
a. Memperkenalkan Allah Tritunggal dan karya-karya-Nya agar siswa bertumbuh iman
percayanya dan meneladani Allah dalam hidupnya.
b. Menanamkan pengertian tentang Allah, Yesus Kristus dan Roh Kudus serta Karya
Allah dalam hidup manusia. Pemahaman akan karya Allah diharapkan dapat menjadi
landasan kehidupan beriman dan dengannya siswa mampu memahami, menghayati,
dan mengamalkann dalam kehidupan.
c. Menanamkan pengertian tentang Allah Tritunggal dan karya-Nya kepada siswa,
sehingga mampu memahami, menghayati, dan mengamalkannya.
Untuk download silahkan menggunakan link di bawah ini:
Silabus Pendidikan Agama Kristen SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 7,8,9,
Silabus Promes Prota RPP Kurikulum 2013 SMP Bahasa Indonesia kelas IX
Silabus Promes Prota RPP Kurikulum 2013 SMP Matematika kelas IX
Silabus Promes Prota RPP Kurikulum 2013 SMP IPA kelas VII
Silabus Promes Prota RPP Kurikulum 2013 SMP IPA kelas VIII
Silabus Promes Prota RPP Kurikulum 2013 SMP IPA kelas IX
Silabus Promes Prota RPP Kurikulum 2013 SMP IPS kelas VII
Silabus Promes Prota RPP Kurikulum 2013 SMP IPS kelas VIII
Silabus Promes Prota RPP Kurikulum 2013 SMP IPS kelas IX
Silabus Promes Prota RPP Kurikulum 2013 SMP PKN kelas VII
Silabus Promes Prota RPP Kurikulum 2013 SMP PKN kelas VIII
Silabus Promes Prota RPP Kurikulum 2013 SMP PKN kelas IX
Silabus Promes Prota RPP Kurikulum 2013 SMP PENJASKES kelas VII
Silabus Promes Prota RPP Kurikulum 2013 SMP PENJASKES kelas VIII
Silabus Promes Prota RPP Kurikulum 2013 SMP PENJASKES kelas IX
Silabus Promes Prota RPP Kurikulum 2013 SMP PAI kelas VII
Silabus Promes Prota RPP Kurikulum 2013 SMP PAI kelas VIII
Silabus Promes Prota RPP Kurikulum 2013 SMP PAI kelas IX
Silabus Promes Prota RPP Kurikulum 2013 SMP SENI MUSIK kelas VII
Silabus Promes Prota RPP Kurikulum 2013 SMP SENI MUSIK kelas VIII
Silabus Promes Prota RPP Kurikulum 2013 SMP SENI MUSIK kelas IX
Silabus Promes Prota RPP Kurikulum 2013 SMP SENI RUPA kelas VII
Silabus Promes Prota RPP Kurikulum 2013 SMP SENI RUPA kelas VIII
Silabus Promes Prota RPP Kurikulum 2013 SMP SENI RUPA kelas IX
Silabus Promes Prota RPP Kurikulum 2013 SMP SENI TEATER kelas VII
Silabus Promes Prota RPP Kurikulum 2013 SMP SENI TEATER kelas VIII
Silabus Promes Prota RPP Kurikulum 2013 SMP SENI TEATER kelas IX
Silabus Promes Prota RPP Kurikulum 2013 SMP PRAKARYA kelas VII
Silabus Promes Prota RPP Kurikulum 2013 SMP PRAKARYA kelas VIII
Silabus Promes Prota RPP Kurikulum 2013 SMP PRAKARYA kelas IX
Silabus Promes Prota RPP Kurikulum 2013 SMP TIK kelas VII
Silabus Promes Prota RPP Kurikulum 2013 SMP TIK kelas VIII
Silabus Promes Prota RPP Kurikulum 2013 SMP TIK kelas IX
DOWNLOAD PERANGKAT PEMBELAJARAN LENGKAP SD
DOWNLOAD PERANGKAT PEMBELAJARAN LENGKAP SMP
DOWNLOAD PERANGKAT PEMBELAJARAN LENGKAP SD
DOWNLOAD PERANGKAT PEMBELAJARAN LENGKAP SMP
No comments:
Post a Comment