Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan perubahan masyarakat pada tataran
lokal, nasional, dan internasional menjadi landasan utama dalam pengembangan
Kurikulum 2013. Dalam Kurikulum 2013, Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
memiliki kontribusi terhadap pembentukan pengetahuan, sikap, dan keterampilan serta
penguasaan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) peserta didik untuk menghadapi
tantangan global pada abad 21. Sebagai bagian dari masyarakat dunia, peserta didik harus
memahami lingkungan dan masyarakat secara lokal, nasional dan global, menyadari
keragaman budaya (multikultur), mengembangkan keterampilan sosial dan menguasai
perkembangan teknologi.
Mata Pelajaran IPS merupakan salah satu mata pelajaran wajib di SMP/MTs yang
memadukan (integrated) konsep geografi, sosiologi, ekonomi, dan sejarah. Mata
Pelajaran IPS menggunakan geografi sebagai titik tolak (platform) kajian dengan
pertimbangan semua tempat, benda, sumber daya dan peristiwa terikat dengan lokasi.
Tujuannya adalah untuk menekankan pentingnya ruang sebagai tempat hidup dan
sumberdaya bagi manusia, mengenal potensi dan keterbatasan ruang, karena itulah ruang
selalu saling berhubungan (konektivitas antarruang) untuk saling melengkapi. Akibat dari
interaksi antara alam dan manusia, serta konektivitas antarruang, kondisi ruang senantiasa
berubah menurut waktu dan perkembangan teknologi yang digunakan oleh manusia.
Pembelajaran IPS diorganisasikan dengan pendekatan interdisipliner, multidisipliner atau
transdisipliner dari Ilmu-ilmu Sosial, Humaniora, dan Psikologi sesuai perkembangan
peserta didik. Dalam kontek pembelajaran IPS, ruang dimaknai sebagai ruang kehidupan
di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pembelajaran IPS diharapkan dapat
mengembangkan rasa cinta terhadap tanah air, memperkokoh kesatuan dan persatuan
NKRI. Adapun dalam konteks pembentukan manusia Indonesia, pembelajaran IPS di
SMP/MTs diharapkan dapat memberi pemahaman tentang lingkungan dan masyarakat
dalam lingkup nasional dan internasional sehingga dapat mengembangkan pengetahuan,
sikap, berpikir logis, sistematis, kritis, analitis, dan berketerampilan sosial. Semua itu,
pada akhirnya dapat meningkatkan pemahaman potensi wilayah Indonesia, juga
mengembangkan nasionalisme, memperkokoh sikap kebangsaan, dan mampu bekerja
sama dalam masyarakat majemuk selaku warga masyarakat, warga negara dan warga
dunia.
Silabus ini merupakan hasil perbaikan dokumen sebelumnya (Lampiran Permendikbud
Nomor 58 Tahun 2014). Perbaikan dilakukan atas dasar masukan publik (masyarakat
sipil, asosiasi profesi, perguruan tinggi, dan sekolah) terhadap ide, dokumen, dan
implementasi kurikulum yang diperoleh melalui monitoring dan evaluasi dari berbagai
media. Silabus perbaikan ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang
sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format
dimaksudkan agar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun
lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan
(sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip
keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru
(teachable); mudah dipelajari oleh peserta didik (learnable); terukur pencapainnya
(measurable), dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk
kehidupan dan kelanjutan pendidikan peserta didik.
Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk
mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keunggulankeunggulan
lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus mencakup kompetensi
dasar, materi pokok, alternatif pembelajaran dan penilaiannya. Uraian pembelajaran yang
terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas.
Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat
mengembangkan berbagai model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata
Untuk download silahkan menggunakan link di bawah ini:
No comments:
Post a Comment